Tahukah Anda Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Tes PCR?


Tahukah Anda Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Tes PCR?

Apakah Anda pernah bertanya-tanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tes PCR? Tes PCR atau Polymerase Chain Reaction merupakan salah satu metode pemeriksaan COVID-19 yang sangat akurat. Namun, prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Menurut dr. Teguh, seorang ahli mikrobiologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, tes PCR membutuhkan waktu minimal 4-6 jam untuk menyelesaikan prosesnya. “Proses PCR sendiri terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari preparasi sampel hingga amplifikasi DNA,” jelas dr. Teguh.

Dalam sebuah wawancara dengan Kompas.com, dr. Yuli, seorang dokter spesialis laboratorium klinik, juga menambahkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk tes PCR bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi laboratorium dan jumlah sampel yang harus diperiksa. “Jika laboratorium sedang ramai dengan sampel, maka waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama dari biasanya,” ungkap dr. Yuli.

Selain itu, dr. Tuti, seorang dokter spesialis patologi klinik, menekankan pentingnya kesabaran dalam menunggu hasil tes PCR. “Proses PCR memang memerlukan waktu yang cukup lama, namun hasilnya sangat akurat dan dapat dipercaya,” ujar dr. Tuti.

Jadi, jika Anda sedang menunggu hasil tes PCR, ingatlah bahwa prosesnya memang memerlukan waktu. Namun, kesabaran Anda akan terbayar dengan hasil yang akurat dan dapat dipercaya. Tahukah Anda Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Tes PCR? Sekarang Anda sudah mengetahuinya.