Gejala COVID-19 yang Belum Banyak Diketahui: Apa yang Harus Diperhatikan?


Gejala COVID-19 yang Belum Banyak Diketahui: Apa yang Harus Diperhatikan?

Saat ini, pandemi COVID-19 masih menjadi perhatian utama di seluruh dunia. Banyak informasi yang sudah tersebar mengenai gejala umum dari virus ini, seperti demam, batuk, dan kesulitan bernapas. Namun, ada juga gejala COVID-19 yang belum banyak diketahui dan seringkali diabaikan oleh masyarakat. Apa saja gejala tersebut dan apa yang seharusnya kita perhatikan?

Menurut Dr. Maria Van Kerkhove, kepala unit teknis COVID-19 di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gejala COVID-19 yang belum banyak diketahui antara lain kelelahan yang berkepanjangan, gangguan pencernaan, dan hilangnya indra penciuman atau perasa. “Kita harus lebih waspada terhadap gejala-gejala ini karena bisa menjadi tanda awal dari infeksi virus corona,” ujarnya.

Selain itu, Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, pakar epidemiologi dari Universitas Indonesia, juga menambahkan bahwa gejala COVID-19 yang belum banyak diketahui juga termasuk sakit kepala yang parah dan rasa tidak nyaman di dada. “Jika Anda merasakan gejala-gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat,” jelasnya.

Masyarakat juga perlu memperhatikan bahwa gejala COVID-19 dapat bervariasi dari satu individu ke individu lainnya. Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO, mengingatkan bahwa “setiap orang harus waspada terhadap gejala ringan yang mungkin tidak terlalu umum namun bisa menjadi tanda infeksi virus corona.”

Karenanya, penting bagi kita untuk tetap waspada dan memperhatikan gejala-gejala COVID-19 yang belum banyak diketahui. Jika merasakan gejala yang mencurigakan, segera periksakan diri ke dokter dan ikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Kesehatan kita bersama adalah tanggung jawab kita bersama. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita semua bisa kembali ke kehidupan normal. Aamiin.