Ciri-Ciri COVID-19 yang Harus Diwaspadai di Masa Pandemi


COVID-19, siapa yang tidak kenal dengan virus mematikan ini? Pandemi yang telah melanda dunia selama lebih dari setahun ini telah mengubah cara hidup kita secara drastis. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami ciri-ciri COVID-19 yang harus diwaspadai di masa pandemi.

Menurut Dr. Maria Van Kerkhove dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada beberapa ciri-ciri yang harus kita waspadai jika ingin terhindar dari COVID-19. Salah satunya adalah gejala demam yang tinggi. “Demam yang tidak kunjung mereda bisa menjadi pertanda adanya infeksi virus COVID-19,” ujar Dr. Maria.

Selain demam, batuk kering juga merupakan ciri khas dari COVID-19. Menurut Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, Ketua Harian Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, batuk kering yang terus menerus harus diwaspadai karena bisa menjadi gejala awal dari COVID-19.

Selain itu, kesulitan bernafas juga merupakan ciri-ciri COVID-19 yang harus diwaspadai. Dr. Brad Spellberg, pakar penyakit menular dari Keck School of Medicine at USC, mengatakan bahwa kesulitan bernafas bisa menjadi tanda infeksi paru-paru yang serius akibat COVID-19.

Tidak hanya itu, hilangnya indera penciuman dan pengecapan juga merupakan ciri-ciri COVID-19 yang harus diwaspadai. Menurut Dr. Nethanel Lipshitz dari Tel Aviv University, hilangnya indera penciuman dan pengecapan bisa menjadi gejala ringan hingga sedang dari COVID-19.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu waspada terhadap ciri-ciri COVID-19. Jika merasa mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat dan ikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Kita semua berperan penting dalam memutus mata rantai penyebaran virus ini. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita semua dapat kembali hidup normal seperti sedia kala. Aamiin.