Mendeteksi Gejala COVID-19: Apa yang Harus Diperhatikan?


COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan istilah virus corona, merupakan penyakit yang telah menyebar luas di seluruh dunia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk dapat mendeteksi gejala COVID-19 dengan cepat agar dapat segera melakukan tindakan yang diperlukan. Namun, apa sebenarnya yang harus diperhatikan saat mendeteksi gejala COVID-19?

Pertama-tama, kita perlu memahami gejala-gejala yang umum terjadi pada seseorang yang terinfeksi virus corona. Gejala yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Namun, tidak menutup kemungkinan juga ada gejala lain seperti sakit tenggorokan, hilangnya indera penciuman atau perasa, serta gejala flu ringan.

Menurut dr. Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, “Penting bagi masyarakat untuk dapat memperhatikan gejala-gejala tersebut dan segera melakukan isolasi mandiri serta tes swab apabila memenuhi kriteria sebagai kasus suspek COVID-19.” Hal ini penting untuk mencegah penyebaran virus corona kepada orang lain.

Selain gejala fisik, kita juga perlu memperhatikan gejala psikologis yang mungkin muncul pada seseorang yang terinfeksi COVID-19. Menurut psikolog dr. Andrianto Ginting, “Beberapa orang yang terinfeksi virus corona dapat mengalami gejala kecemasan, depresi, atau bahkan stres pasca-trauma. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan mental selama pandemi ini.”

Tak hanya itu, kita juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar kita. Jika ada kasus positif COVID-19 di lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja, segera lakukan langkah-langkah pencegahan seperti membersihkan dan mendisinfeksi area tersebut. “Kita harus saling menjaga satu sama lain agar dapat mencegah penyebaran virus corona,” ujar dr. Reisa.

Dengan memperhatikan gejala COVID-19 dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat, kita dapat membantu memutus mata rantai penyebaran virus corona. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan sekitar. Semoga kita semua dapat segera melalui pandemi ini dengan baik.