Antigen Positif, Hasil PCR Negatif: Apakah Anda Terinfeksi COVID-19?


Anda mungkin pernah mendengar istilah antigen positif dan hasil PCR negatif ketika berbicara mengenai tes COVID-19. Apa sebenarnya arti dari hasil tersebut? Apakah Anda terinfeksi COVID-19 meskipun PCR menunjukkan negatif?

Antigen positif adalah hasil tes yang menunjukkan adanya antigen virus dalam tubuh seseorang. Sementara itu, hasil PCR negatif menunjukkan tidak adanya materi genetik virus dalam sampel yang diuji. Kedua hasil tes ini seringkali membingungkan banyak orang, apakah Anda termasuk salah satunya?

Menurut dr. Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, “Antigen positif menunjukkan adanya virus aktif dalam tubuh, sedangkan hasil PCR negatif bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kesalahan pengambilan sampel atau sensitivitas alat yang digunakan.”

Namun, ada juga kasus di mana seseorang dinyatakan antigen positif namun hasil PCR-nya negatif. Menurut dr. Pandu Riono, Epidemiolog Universitas Indonesia, “Hal ini bisa terjadi karena antigen virus yang terdeteksi bukan berasal dari virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19, melainkan dari jenis virus lain yang memiliki antigen serupa.”

Jadi, apakah Anda terinfeksi COVID-19 jika hasil antigen positif namun hasil PCR negatif? Menurut dr. Reisa, “Jika Anda memiliki gejala yang sesuai dengan COVID-19 dan hasil antigen positif, sebaiknya tetap melakukan isolasi mandiri dan konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.”

Meskipun demikian, hasil tes hanya sebatas alat bantu diagnosis dan bukan penentu mutlak status infeksi seseorang. Penting untuk tetap menjaga protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak demi mencegah penularan virus.

Jadi, jangan panik jika Anda mendapatkan hasil antigen positif dan PCR negatif. Konsultasikan dengan dokter untuk penjelasan lebih lanjut dan tetap waspada terhadap penyebaran COVID-19. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Tetap sehat dan patuhi protokol kesehatan, ya!